Kuliner Banyuwangi

Ini 5 Rekomendasi Kuliner di Banyuwangi, Wajib Cicip Sebelum Pulang!

Rekomendasi Kuliner Banyuwangi

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang berlokasi di ujung timur pulau Jawa. Kabupaten ini tidak hanya populer dengan destinasi wisata alam yang cantik, tapi lebih dari itu. Ada banyak daya tarik seperti kuliner khas yang siap menggoyang lidah Anda. Berbicara tentang kuliner, kabupaten ini punya hidangan pedas yang wajib Anda cicipi sebelum pulang diantaranya:

  • Nasi Tempong

Nasi Tempong BanyuwangiTransport

Nasi tempong merupakan nasi yang disajikan dengan sambal pedas. Dimana sambal dibuat dari bahan-bahan pilihan seperti cabai rawit, tomat ranti, terasi, dan jeruk sambal. Sambal yang disajikan masih segar karena baru dibuat saat akan dihidangkan. Sambal inilah yang memberi sensasi pedas pada nasi tempong yang dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Hidangan nasi tempong disajikan hangat lengkap dengan paket lauk bercita rasa gurih. Ada gorengan tempe, tahu, ikan asin, dan perkedel jagung. Namun, tidak jarang penjual nasi tempong juga memberi pilihan lauk lain seperti telur dadar, ayam goreng, ikan laut, cumi asin, iwak peyek, dan lainnya. Bagi yang menginginkan sayur juga ada sayuran rebus mulai dari bayam, genjer, terong, labu siam, dan kemangi.

  1. Jangan Kesrut

Jangan Kesrut BanyuwangiTransport

Sayuran ini memiliki kuah berwarna merah menyala dengan aroma segar. Karenanya sekali melihatnya mungkin Anda sudah bisa merasakan sensasi pedasnya. Jangan kesrut biasanya disajikan lengkap dengan nasi dan gorengan tempe yang digoreng garing dan tak lupa ditambahkan kala gepuk.

Jangan kesrut sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, ada yang berisi daging dan ada pula yang berisi kikil. Adapun warna merah kuah sayuran ini didapat dari bahan dasar cabai besar, cabai rawit, tomat, terasi, daun bawah, gula, dan garam. Tidak jarang juga ditambahkan belimbing sayur seperlu memberi kesegaran pada kuahnya. Dijamin rasanya begitu khas dan siap memanjakan siapa saja yang menyantapnya.

  1. Sego Cawuk

Sego Cawuk BanyuwangiTransport

Kuliner khas berikutnya ini bisa disantap di waktu sarapan. Agen Transport Wisata pun kerap merekomendasikan menu ini. Dimana satu porsi sego cawuk terdiri dari campuran kuah yang dibuat dengan tambahan parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar, dan ditambah timun. Untuk bumbu dasar ada bawang merah, bawah putih, cabai, dan asam untuk mendapat rasa pedas yang segar.

Cita rasa sego cawuk semakin mantap dengan menu pelengkap. Ada pepes ikan laut, dendeng, kikil, dan telur pindang. Anda bisa memilih lauk apa saja yang disuka. Meski menawarkan menu lengkap siapa sangka kuliner khas Banyuwangi ini dibanderol sangat terjangkau.

  1. Pecel Rawon

Kuliner pedas lainnya ada pecel rawon. Rasa pedas dari pecel yang berpadu dengan rasa gurih dari kuah rawon menawarkan sensasi rasa yang unik. Satu porsi pecel rawon terdiri dari sayuran rebus seperti bayam, kacang panjang, tauge, sambal pecel yang lalu ditambah kuah rawon. Sebagai pelengkap juga ditambahkan paru goreng kering, udang goreng, empal sapi, remukan peyek kacang, dan ragi.

Kuah rawon yang ditambahkan begitu kaya rasa rempah. Kuah rawon dibuat dari kaldu dengan tambahan bahan-bahan istimewa dan lalu diguyur sambal pecel. Menghasilkan perpaduan rasa yang sangat pas. Hidangan pecel rawon banyak dijual di restoran ataupun warung kaki lima dengan harga terjangkau.

  1. Rujak Soto

Rujak Soto BanyuwangiTransport

Kuliner ini didapat dari perpaduan rujak sayur dan soto babat. Siapa sangka keduanya bisa menjadi kombinasi unik yang mengenyangkan. Adapun rujak dibuat dari aneka macam sayuran seperti kangkung, kubis, kacang panjang, potongan tempe dan tahu yang sudah digoreng lalu dicampur bumbu kacang dan petis.

Dalam penyajian rujak disajikan dalam mangkuk. Selanjutnya rujak disiram kuah soto babat sapi yang bercita rasa gurih. Bagi Anda yang senang dengan rasa pedas bisa memesan sesuai selera. Jangan lewatkan kuliner ini di sela waktu berkunjung ke tempat Wisata Banyuwangi.