Wajib Tahu! Hal Berikut ini Sebelum Mendaki Medan Ekstrim dari Gunung Raung

Wajib Tahu! Hal Berikut ini Sebelum Mendaki Medan Ekstrim dari Gunung Raung

banyuwangitransport.com – Pecinta kegiatan alam? Jika ya, ada satu tempat wisata di Banyuwangi yang bisa anda kunjungi, ia adalah Gunung Raung. Ia adalah gunung tertinggi kedua setelah Semeru dan merupakan salah satu wisata alam ekstrim. Oleh karena itu perhatikanlah beberapa hal berikut ini supaya wisata anda aman dan lancar.

Julukan Gunung Raung

Gunung Raung merupakan salah satu gunung dengan pemandangan terbaik yang bisa anda temukan di Indonesia. Gunung ini merupakan gunung berapi yang memiliki kaldera berbentuk elips. Ia memiliki satu puncak yang tinggi menjulang dan dikelilingi oleh puncak-puncak kecil yang ada di sekitarnya. Keindangan yang dimiliki oleh gunung ini menyebabkan banyak orang yang rela menerjang medan ekstrim yang dimiliki oleh gunung ini.

Ya karena medannya yang sangat ekstrim gunung ini bahkan sampai dijuluki sebagai The Mountain Extreme of Java. Untuk anda yang ingin mencoba naik ke gunung ini sebaiknya pastikan dahulu anda memiliki skill yang tinggi dalam pendakian.

Medan dari Gunung Raung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Gunung Raung ini merupakan gunung yang memiliki medan yang sangat ekstrim dan sangat berbahaya. Seberapa bahayanya?. Salah satu medan yang paling populer yang dimiliki oleh Gunung Raung ini adalah Siratal Mustaqin. Siratal Mustaqim merupakan salah satu jalur yang harus anda tempuh ketika ingin menikmati indahnya puncak dari Gunung Raung ini.

Apa sesungguhnya siratal Mustaqim ini? Siratal Mustaqim ini merupakan sebuah jalur yang memiliki lebar hanya setapak. Yang membuatnya mengerikan bukan hanya lebar jalurnya, tapi juga kondisi alamnya. Jalanan setapak ini di samping kanan kirinya hanya ada jurang dan tentunya tanpa pembatas jalan. Hal inilah yang menyebabkan jalur ini menjadi sangat berbahaya. Ketika angin besar datang dan pendaki kehilangan keseimbangan, maka bukan tidak mungkin orang tersebut akan jatuh ke jurang.

Waktu tempuh

Selanjutnya yang perlu anda ketahui ketika akan mencoba mendaki salah satu wisata Banyuwangi yang ekstrim ini adalah mengenai waktu tempuh ke puncak Gunung Raung. Mengetahui waktu tempuh tentu penting untuk membuat persiapan makanan dan minuman yang harus anda bawa. Untuk mencapai pundak dari Gunung Raung, diperlukan waktu sekitar 2 hari untuk melewati 9 pos dari Gunung Raung ini.

Ketika anda melewati pos, tentu saja anda perlu berhati-hati. Pasalnya, selain terkenal dengan medannya yang sulit, Gunung Raung juga sangat populer dengan kisah-kisah misteri yang dimilikinya. Oleh karena itu pastikan anda tahu terlebih dahulu mengenai mitos dan larangan-larangan kegiatan di Gunung Raung supaya selamat sampai tujuan. Selain itu, karena medannya yang sulit, tidak banyak pendaki yang datang ke gunung ini, hal ini membuat gunung ini menjadi cukup sepi dan juga sunyi.

Ketersediaan air

Salah satu hal yang menyebabkan wisata di Banyuwangi di Gunung Raung ini cukup berbahaya adalah karena ketersediaan air di gunung tersebut. Gunung Raung merupakan gunung yang tidak menyediakan air untuk para pendakinya. Terutama di musim kemarau. Jika musim penghujan masih ada kemungkinan muncul sumber-sumber air yang kecil.

Karena medan, budaya dan juga ketersediaan hal-hal penting yang sulit untuk ditemukan, pastikanlah anda mencari Agen Transport Wisata yang terpercaya ketika anda akan mengunjungi gunung raung ini. Dengan menggunakan jasa agen transportasi tentu wisata anda ke Gunung Raung menjadi lebih terjamin dan aman.